"...Enjoy to visit here :) ..."

Senin, 02 Juli 2012

BAGAIMANA MEMBENAHI HUKUM EKONOMI DI INDONESIA


Berbicara mengenai hukum di Indonesia tidak lengkap apabila kita tidak membahas mengenai hukum ekonomi yang berada di Indonesia dan bagaimana membenahi hukum ekonomi di indonesia. Hukum ekonomi adalah adalah suatu hubungan sebab akibat peristiwa ekonomi yang saling berhubungan satu dengan yang lain dalam kehidupan ekonomi sehari-hari dalam masyarakat. Dengan adanya hukum ekonomi tersebut, suatu perekonomian akan terdapat penjagaan-penjagaan yang dapat mengarahkan suatu perekonomian ke arah yang baik. Hal ini dikarenakan suatu hukum ekonomi apabila terdapat pelanggaran terhadap hukum tersebut, maka akan diberikan sanksi yang sesuai dengan hukum yang telah diberlakukan. Keadaan hukum ekonomi di Indonesia sendiri bias dibilang masih belum baik, karena apa yang seharusnya dilaksanakan akan tetapi tidak dilaksanakan dengan baik. Kebijakan-kebijakan yang telah diberikan oleh pemerintah banyak sekali yang disalah artikan.

Indonesia adalah salah satu Negara yang sangat menjunjung tinggi hukum yang ada di Negara ini. Sebagai Negara hukum, Indonesia memiliki aturan-aturan mengenai hukum ekonomi yang mengatur semua aktifitas ekonomi, agar perekonomian di inonesia berjalan dengan baik. Suatu perekonomian akan berjalan dengan baik apabila hukum ekonomi yang terdapat di dalam Negara tersebut sangat dijunjung tinggi dan memiliki sanksi-sanksi yang sangat keras apabila terdapat pelanggaran terhadap hukum ekonomi tersebut.
Di Indonesia sendiri sesungguhnya hukum ekonomi sudah sangat jelas dan terarah, namun masih banyak penyimpangan-penyimpangan terhadap hukum ekonomi yang ada di Negara ini. Apabila penyimpangan-penyimpangan tersebut dapat dibenahi dengan baik, maka kemungkinan besar perekonomian di Indonesia akan sangat maju dan dapat berkembang dengan pesat. Sebenarnya kita mampu untuk dapat memajukan perekonomian di Indonesia ini, akan tetapi kurangnya kesadaran masyarakat akan hal tersebut serta sifat individualism yang cukup tinggi terutama di wilayah Ibu Kota Jakarta ini membuat perekonomian ini biasa-biasa saja, bahkan hamper berjalan di tempat dengan kemajuan yang tidak terlalu cepat.
Selain itu banyaknya masalah-masalah mengenai hukum ekonomi yang ada di Indonesia ini masih belum terselesaikan dengan baik seperti kasus BBM (Bahan Bakar Minyak), KKN, dan masih banyak lagi yang lain. Seperti kasus BBM, isu mengenai kenaikan harga BBM yang terjadi di Indonesia baru-baru ini cukup membuat sebagian besar masyarakat Indonesia menolak kebijaka n pemerintah yang satu ini. Sebenarnya kebijakan pemerintah untuk menaikkan harga BBM bersubsidi bukan tanpa alasan, dikarenakan kenaikan harga minyak dunia yang mengalami kenaikan yang cukup besar ini membuat pemerintah memberikan kebijakan untuk menaikkan harga BBM bersubsidi.
 Akan tetapi masih adakah jalan lain untuk mengatasi masalah ini? Namun kenaikan harga BBM yang sangat tinggi ini pastilah sangat menyulitkan bagi rakyat kecil. Tanpa kenaikan harga BBM saja rakyat kecil sudah semakin sulit untuk mencukupi kehidupan sehari-harinya, apalagi jika harga BBM dinaikkan.
Menurut saya, sebenarnya Indonesia sudah memiliki hukum yang dapat mengatur ekonomi dengan baik, akan tetapi masih butuh pembenahan di beberapa bagian agar hukum ekonomi ini dapat berjalan dengan baik dan perekonomian di Indonesia dapat mengalami kemajuan yang cukup pesat.
Hal yang perlu kita lakukan pertama adalah dari diri kita sendiri. Kesadaran dari diri kita untuk tetap menjunjung tinggi hukum yang ada, bertindak atau berperilaku dengan jujur, tidak melakukan hal-hal yang sudah jelas tidak diperbolehkan seperti menipu, berbohong, menyontek, dll. Karena hal tersebut merupakan hal awal atau awal dari perbuatan yang nantinya akan menjurus kepada perbuatan penipuan.
Setelah kita mulai dari diri sendiri kemudian pemerintah harus menindak lanjuti dengan tegas kasus-kasus hukum yang menyangkut mengenai hukum ekonomi yang ada di Indonesia ini dan sudah terlihat dengan jelas dasar hukumnya. Penanganan dengan serius kasus-kasus yang ada seperti kasus korupsi kolusi dan nepotisme yang ada di Indonesia bahkan sudah sangat menjamur ini, sampai saat ini masih belum bisa teratasi dengan baik. Kurang tegasnya pemerintah dalam memberikan sanksi kepada para tersangka korupsi ini membuat mereka tidak jera untuk kembali melakukan hal tersebut.
Sebaiknya pemerintah memberikan sanksi yang sangat keras kepada semua tersangka korupsi, agar mereka merasa jera dan tidak akan mengulangi perbuatan mereka itu lagi. Karena dengan atau tidak kita sadari perbuatan mereka ini sangat merugikan negeri ini. Yang seharusnya negeri ini menjadi negeri yang maju, akan tetapi dengan adanya mereka yang tidak bertanggung jawab tersebut maka kemajuan negeri ini dan kesejahteraan rakyat hanyalah tinggal kenangan yang sangat sulit untuk kembali diwujudkan. Ketegasan pemerintahlah yang akan atau dapat membuat semua keterpurukan yang ada di negeri ini berakhir.
Apabila penegakan hukum yang ada di Indonesia ini sangat tegas maka saya yakin korupsi di Negara ini akan berkurang bahkan akan hilang dari Negara ini. Selain itu dengan menambah lapangan pekerjaan juga akan membuat perekonomian di Indonesia semakin maju. Dengan banyaknya pengusaha yang membuka lapangan pekerjaan baru maka dapat mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Indonesia. Kemudian selain itu mengubah cara berfikir serta cara pandang masyarakat menajdi berfikir yang maju, serta dapat melihat peluang-peluang kedepan mengenai prospek ekonomi yang maju, dapat membantu negeri ini untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi yang sedang melanda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar